Minggu, 14 Desember 2014

khasiat sayuran bagi tubuh

Sayur mayur yakni kategori makanan utama bagi manusia utk menjaga kesehatan. Sayuran hijau sama seperti daun selada, bayam, buncis, kangkung, daun singkong, daun pepaya, & yg yang lain nyatanya mempunyai berbagai manfaat kesehatan.

Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau amat sangat tidak sedikit. Tidak Cuma tajir dgn vitamin A & C, sayuran hijau pula mengandung bermacam unsur mineral sebagaimana zat kapur, zat besi, magnesium serta fosfor. Sayuran yg berwarna hijau sepuh yakni sumber karotenoid (pigmen dalam tanaman yg terdapat terhadap tumbuhan) paling baik serta tergolong mutlak buat memerangi radikal bebas.

Klorofil (zat hijau daun) terhadap sayuran hijau adalah pigmen dari tanaman yg warnanya hijau serta terdapat dalam kloroplas sel tanaman. Klorofil memiliki struktur kimia yg nyaris serupa bersama hemoglobin (sel darah merah). Maka menurut penelitian para ahli gizi, klorofil bakal difungsikan buat merangsang pembentukan sel darah merah kepada penderita anemia.



diluar itu klorofil pun bisa berfungsi yang merupakan pembersih alamiah (mendorong terjadinya detoksifikasi); antioksidan yg bakal menetralkan radikal bebas sebelum memunculkan kerusakan kepada sel-sel badan; antipenuaan serta antikanker.

Serta pula, enzim protease inhibitor yg terdapat dalam sayuran hijau bakal berfungsi juga sebagai pencegah timbulnya kanker, terutama kanker terhadap usus. Kandungan vitamin K dalam sayuran hijau berperan utama dalam proses pembekuan darah, pembentukan tulang, dan mencegah pembentukan batu ginjal. Konsumsi sayuran hijau dengan cara rutin dalam tiap-tiap porsi makan bakal mempertahankan keremajaan kulit & menunjang mempertahankan kapabilitas pembuluh darah biar enggak gampang pecah.

Yg nggak kalah utama, kandungan antioksidan serta serat alami dalam sayuran hijau bakal menjaga kesehatan & melancarkan saluran pencernaan. Perihal ini bakal memudahkan sisa-sisa metabolisme yg tak bermanfaat ke luar dari badan maka tdk pernah mengendap serta memunculkan penyakit.

Bahkan, antioksidan yg tidak sedikit ditemukan dalam sayuran hijau mampu melindungi sel mata dari cahaya ultraviolet yg yakni penyebab penting katarak. Elemen ini disebabkan dikarenakan sayuran hijau memengandung type antioksidan lutein serta zeaxanthin nyaris 10 kali lebih tidak sedikit dibanding vitamin E yg sanggup melindungi sel mata dari kerusakan yg disebabkan ultraviolet.

Mengosumsi jus sayuran terbukti berguna bagi badan. Jus sayuran tajir bakal vitamin serta mineral. Zat ini bermanfaat utk menjaga & memelihara kesehatan badan dari serangan penyakit.

1. Wortel
Wortel tajir dapat vitamin C . Wortel pula baik utk kesehatan mata. Wortel memiliki kegunaan atau fungsi kesehatan lain sebagaimana :

- Mengatasi hipertensi :
Ambil 500 gram wortel cuci bersih selanjutnya potong-potong, beri sedikit air matang, dulu diblender. Saring, serta minum langsung. Usahakan utk teratur meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

- Mengatasi demam terhadap anak :
Ambil 200 gram wortel selanjutnya cuci bersih. Parut serta peras hingga ke luar sarinya. Rebus air perasannya, minum tatkala hangat.

- Mengatasi luka bakar :
Wortel ditumbuk sampai halus serta dioleskan terhadap luka bakar. Melaksanakan sesering mungkin saja hingga luka tdk terasa panas.

- Menyembuhkan batuk :
Ambil sebatang wortel dulu bersihkan & parut. Beri sekian banyak sendok air panas serta peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk hingga rata. Minum 2 kali dalam sehari.

2. Asparagus
Asparagus ialah sayuran dari tunas jejaka. Dipasarkan dalam wujud tunas berwarna putih & berwarna hijau. Sayuran ini mengandung tidak sedikit zat gizi, vitamin serta mineral esensial.

Kandungan seratnya (dietary fiber) amat sangat tinggi serta bisa mengikat zat karsinogen penyebab kanker. Serat pun menopang lancarnya proses pencernaan maka Kamu terbebas dari kesukaran sembelit atau sulit buang air agung.

Asparagus pun teruji dengan cara klinis bisa meningkatkan kesuburan cowok. Kandungan asam amino asparagines di dalamnya sanggup merangsang ginjal membuang sisa metabolisme badan.

Zat aktif lain yg diakui sanggup meningkatkan sirkulasi darah & meringankan melepaskan deposit lemak dalam dinding pembuluh darah. Teramat baik dimakan bagi Kamu yg berjerawat, penderita eksim, kendala ginjal serta prostate.

3. Bayam<
Bayam terutama yg merah mengandung zat besi tinggi yg berkhasiat menambah darah. Tidak Cuma itu, bayam pula mengandung vitamin A, B, C & K, kalium & fosfor.

Bayam pun mengandung betakaroten, lutein, klorofil, asam folat serta mangan.Manfaatnya buat disentri, ambien, demam, melancarkan ASI, mengencerkan dahak, memperkuat kekebalan lever, mencegah penuaan serta mengandung antioksidan.

Asam folat kepada bayam bisa memerangi kadar homosistein dalam darah penyebab jantung koroner.

4. Brokoli
Brokoli tajir serat yg bisa mencegah kanker saluran pencernaan, sembelit & kanker kandung kemih. Brokoli mengandung kromimum yg utama utk menolong kerja insulin, maka baik dimakan oleh penderita diabetes.

Mereka yg mengosumsi setengah mangkuk brokoli tiap-tiap pekan sanggup menekan risiko kanker sampai 44%. Isothiochyanate terhadap brokoli memperlambat pertumbuhan sel kanker kandung kemih serta berpengaruh gede pada rusaknya sel kanker. Brokoli pula meringankan menurunkan risiko kendala jantung serta stroke.

5. Buncis
Tidak Cuma diolah jadi masakan, buncis pun segar diolah jadi jus. Jus buncis sanggup mengontrol serta mencegah penyakit diabetes. Hasil uji klinis menunjukkan, di dalam buncis mengandung stigmasterol serta B-sitosterol. ke-2 zat ini bisa meningkatkan produksi insulin.

Insulin berfungsi buat menurunkan kadar gula dalam darah. Seorang dapat mengalami diabetes melitus apabila pankreas cuma sedikit membuahkan insulin atau enggak bisa memproduksi sama sekali.

Mengosumsi buncis dengan cara rutin pun dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Kandungan serat kepada buncis sanggup mencegah kanker saluran pencernaan, sedangkan kandungan mineral kalsiumnya berguna buat menguatkan tulang.

ANEKA RESEP SAYURAN Buat KESEHATAN

BATUK

- 100 gr biji kacang panjang (kukus sampai matang) diblender dgn air secukupnya, tambahkan gula batu atau madu secukupnya, aduk rata dulu diminum.
- 250 gr waluh direbus sampai matang, tambahkan gula pasir secukupnya, seterusnya memberi terhadap penderita.
- Oyong/gambas dijus sampai membuahkan 60 cc, tambahkan madu secukupbya, aduk rata, dulu diminum.
- 30 gr terung lanjut umur dikupas kulitnya dulu direbus dalam air secukupnya. Tambahkan gual merah. Sesudah matang, terung rebus siap disajikan terhadap penderita.

INFLUENZA

- 7 siung bawang merah, 3 butir merica, 10 gr jahe diblender bersama air hangat secukupnya. Minum tatkala hangat.
- 30 gr rambut jagung, 10 gr jahe, 60 gr akar alang-alang direbus bersama 400 cc air sampai tersisa 200 cc gr lobak serta 2 siung bawang putih diblender denagn air rebusan tadi, jadilah jus & siap diminum selagai hangat.
- 1 buah pare ukuran sedang yg sudah dikukus hingga matang serta 10 gr jahe diblender bersama air secukupnya. Tambahkan madu, secukupnya, aduk rata dulu diminum.
- Daun pepaya bujang ditumbuk halus dulu dikasih air secukupnya serta diperas airnya, air perasan tadi dicampur garam & gula secukupnya, aduk hingga rata, ramuan ini diminum sewaktu 1 pekan berturut-turut.

Wortel

Berkhasiat meningkatkan system kekebalan badan, antioksidan atau antikanker. Pun mmebantu proses pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, serta mengatasi tekaanan darah tinggi.